Friday, 10 July 2015

Ingin bisnis anda terus tumbuh. Ini kuncinya?

Ya, baru-baru ini saya mendapatkan ilmu baru yang sangat-sangat luar biasa. Ilmu baru yang simpel dan nggak ribet didalam dunia bisnis. Terutama dibidang marketing dan penjualan. Sebenarnya ilmu ini sangat simpel dan familiar dikalangan pebisnis. Tetapi, banyak sekali dari pebisnis itu selalu mengabaikan bahkan tidak pernah memakai ilmu ini sebagai acuan didalam bisnisnya. Termasuk saya juga hampir melupakan ilmu tersebut. Nah, anda pasti sudah tidak sabar ingin segera tahu Apa ilmu tersebut?

Baiklah, kemaren saya banyak belajar dari seminar seorang praktisi marketing. Beliau bernama Laksita utama uhud. Siapa beliau? tidak perlu saya jelaskan disini karena anda bisa search profil beliau di google. Yang jelas, beliau adalah seorang praktisi marketing yang telah beprengalaman dibidangnya. 

Didalam seminarnya beliau mengatakan bahwa untuk mengembangkan bisnis itu sebenarnya sangat gampang dan sangat simpel. Bahkan jika anda menginginkan omzet yang besar, penjualan yang hebat, sebenranya itu mudah. Lalu bagaimana caranya? 

Beliau mengatakan, untuk mengembangkan bisnis atau jika anda ingin bisnis anda lebih maju dari kompetitor dan dipercaya pelanggan, ada (Five best "P") lima "p" terbaik yang harus ada didalam bisnis anda. Pertanyaannya, apakah yang dimaksud dari (five best "P") tadi?

Inilah (five best "p"):

1. Best product
2. Best price
3. Best Place
4. Best promotion
5. Best people.


Simpel dan sangat-sangat simpel. Beliau mengatakan jika bisnsi anda ingin hebat dan WOW. Terapkan itu didalam bisnis anda. Saya sangat setuju dan sependapat dengan beliau. Bahkan, ahli marketing diduniapun juga berpacuan dan menggunakan strategi tersebut dalam bisnis mereka, yaitu produk, price, place, promotion, people.

Agar anda semakin paham, inilah penjabarannya:

1. Best product.

ya, inilah senjata yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan bisnis anda yaitu dengan membuat produk terbaik. Tidak bisa dipungkiri bahwa produk yang benar-benar baik, bagus dan berkulitas akan terus diburu oleh pelanggan. Apa kriteria produk yang bagus? kriterianya adalah jika produk anda benar-benar bermanfaat bagi pelanggan yang membeli produk anda. Atau produk anda benar-benar dibutuhkan oleh konsumen diluar sana. Inti dari produk terbaik adalah "pelanggan puas jika menggunakan atau memakai produk anda". Ya, jika ingin penjualan dalam bisnis anda meningkat. Setidaknya anda harus punya produk terbaik. Produk yang jauh lebih bagus dibanding kompetitor.

Misalnya: anda  Jualan Mie ayam. Nah, untuk memenangkan persaingan dari kompetitor. Anda harus membuat rasa yang jauh lebih enak dari kompetitor anda tersebut dengan cara apapun. entah anda menyewa koki restoran, koki hotel, atau anda kursus cara membuat mie ke koki yang handal. Bgaimanapun caranya? anda harus punya best produk. Dengan menciptakan rasa yang lebih enak dan lebih mantab. Maka, produk anda akan jauh lebih unggul dibanding kompetitor. Intinya, anda harus mengungguli rasa dari kompetitor anda tersbut. Ingat best product atau produk terbaik. 

2. Best price

Nah setelah anda selesai membuat mie ayam ter enak dan terbaik. Anda juga harus bijak menentukan harga jual mie ayam tersebut. Inti dari best price tersebut adalah memberikan harga yang masuk akal di benak konsumen. Jangan sampai produk anda sudah Terbaik, tetapi harganya nggak masuk akal. Contohnya: anda sudah membuat mie ayam terbaik dengan rasa yang paling enak, kemudian anda jual dengan harga Rp: 100.000 permangkok. Masuk akal? Saya rasa tidak, dan pelanggan pun enggan untuk membeli dari anda. Jika, ada yang beli. Mungkin mereka hanya penasaran dan pasti tidak akan beli lagi setelah mencobanya. 

Untuk itu, setelah membuat produk terbaik, anda juga harus menentukan harga terbaik dan masih tergolong masuk akal.

3. Best place

Setelah anda punya "produk terbaik" dan harga terbaik. Yang harus anda lihat lagi adalah "Place". Atau tempat bisnis anda. Ya, jangan sampai jika anda sudah punya produk terbaik dan harga terbaik. kemudian anda membuka bisnis anda di kuburan, atau ditempat yang sepi dan jauh dari trafik target market anda. Atau jika tempat bisnis anda sudah strategis, jangan sampai anda melupakan kebersihan tempat bisnis anda. Saya kira ini sangat penting.

Coba bayangkan, jika anda sudah punya produk mie ayam terbaik dengan harga yang sangat terjangkau, tetapi tempat bisnis anda di daerah kuburan atau didaerah yang sepi dan jauh dari trafic. Atau jauh dari target market anda. Pertanyaannya? siapa yang mau beli. Mungkin makhluk jadi-jadian. hehehe. jangan sampai. 
Atau anda sudah punya produk mie ayam terbaik dengan harga yang sangat terjangkau bahkan tempat anda sudah didaerah strategis. Kalau tempat anda kotor dan jorok, banyak sampah berserakan, bau, bisa dipastikan banyak pelanggan yang akan kecewa dengan bisnis anda. Oleh karena itu, selalu gunakan prinsip tempat terbaik. atau Best Place jika anda ingin unggul dari kompetitor. Buatlah tempat anda lebih unggul dari kompetitor. Jika kompetitor menyediakan fasilitas tv diruang tunggu. Anda harus menyediakan fasilitas, AC, televisi dll. Kalau bisa sekalian home theaternya sekalian. hehehehe

4. best Promotion

Ya, setelah anda punya Best product, best price, best place, Anda harus punya satu strategi yang bernama Best promotion. Apa itu best promotion? Promosi terbaik yaitu promosi:

1. Yang bisa membuat calon pelanggan anda membaca penawaran anda
2. Promosi yang membuat calon pelanggan anda tertarik dengan penawaran anda
3. Promosi yang bisa membuat calon pelanggan ingin membeli produk atau memakai jasa anda
4. Promosi yang bisa membuat calon pelanggan anda Harus beli dari anda, bukan ke yang lain, sekarang juga tanpa penundaan.
5. Promosi yang bisa membuat calon pelanggan percaya kepada bisnis anda.
6. promosi yang bisa menghasilkan clossing dan penjualan.
7. Promosi yang tepat sasaran

Nah, tidak bisa dipungkiri bahwa dengan promosi  bisnis anda akan dikenal oleh target market anda. Ya, jika anda sudah punya Best product, best price, best place tetapi anda tidak promosi, bagaimana mungkin akan terjadi transaksi penjualan yang lebih hebat. Atau jika promosi anda biasa-biasa saja dan sama persis dengan promosi yang dilakukan oleh kompetitor. bagaimana mungkin akan menarik calon pelanggan untuk beli dari anda. Untuk itu gunakan selalu Best promosi yang telah saya jelaskan point-pointnya diatas.

Contohnya: Jika kompetitor anda menggunakan promosi beli mie ayam diskon 20%, anda harus lebih unggul dan lebih menarik calon pelanggan dari itu. Anda bisa gunakan beli mie ayam diskon 100% tanpa syarat. Atau strategi  "yang ultah hari ini, makan gratis". Atau "yang jomblo diskon 20%." bisa juga diskon berdasar usia, "usia 99 tahun diskon 99%".
Intinya, promosi anda harus lebih menarik dari kompetitor.

5. Best people.

setelah anda punya Best product, best price, best place, best promotion. Anda juga harus punya yang namanya Best people. Ya, anda harus punya tim yang hebat dalam bisnis anda. terutama dalam hal pelayanan. Jangan sampai anda punya Best product, best price, best place, best promotion. tetapi pelayanan anda, tim bisnis anda, pegawai anda mengecewakan, terutama dalam hal pelayanan.

Contohnya: Anda menjual mie ayam dengan rasa terbaik, harga terjangkau, lokasi strategis(dekat kampus, dekat perkantoran, dekat sekolahan), promosi anda sudah top(beli 2 gratis 1). Pokonya, orang tertarik untuk datang ketempat anda. begitu orang tersebut datang dan sampai ditoko anda, ternyata pegawai di kedai mie ayam anda orangnya lelet, nggak ramah, pelayanannya lama, pesen mie satu nunggunya 1 jam, pegawainya nggak rapi. Lalu apa yang terjadi? yang jelas orang akan kecewa. 

ingat!!! jika satu orang kecewa dengan bisnis anda, satu orang tersebut akan menghalau 30 orang untuk tidak datang dan membeli produk dari anda. Karena jika konsumen tidak puas, mereka akan bilang kepada teman-temannya bahwa produk atau tempat, pelayanan, di bisnis anda sangat mengecewakan. Sehingga, banyak calon pelanggan yang enggan datang ketempat anda. Hati-hati dengan ini.

Oleh karena itu, anda juga harus punya tim terbaik atau pelayanan terbaik. sehingga, konsumen akan puas dengan pelayanan pada bisnis anda.


Nah inilah sebuah ilmu simpel yang banyak dan sering dilupakan oleh pebinsis diluar sana. Jika saat ini bisnis anda sedikit bermasalah baik dari segi penjualan yang semakin menurun, konsumen yang tidak loyal, atau toko anda sepi. Atau anda ingin lebih unggul dari kompetitor bisnis anda. ANda bisa ukur dengan ilmu (best five "P"). Yaitu:

1. Best product
2. Best price
3. Best Place
4. Best promotion
5. Best people.

Selalu gunakan acuan tersebut untuk meningkatkan omzet dan mendapatkan pelanggan loyal, didalam bisnis anda. Jika ada yang belum "terbaik" dari 5 hal tersebut, anda bisa memperbaikinya.

Selalu buatlah yang "terbaik" didalam 5p tersebut.

Baiklah, saya kira itu 5 hal sederhana dan simpel. tetapi jika diterapkan didalam bisnis anda. Akan membuat bisnis anda semakin tumbuh berkembang, dan jauh lebih unggul daripada kompetitor. 

yang paling penting untuk sukses didalam bisnis. Kenali "target market" bisnis anda. Anda bisa membacanya disni http://salesstrategi.blogspot.com/2015/07/sebenarnya-apa-kunci-sukses-strategi.html

Sekian
:)


Semoga bermanfaat.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
sekian, semoga bermanfaat. Saya yakin, banyak sekali kawan anda atau kerabat anda yang membutuhkan sebuah pencerahan dalam kegiatan penjualan. Oleh karena itu, ada baiknya anda men SHARE blog ini di media sosial yang anda punya agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya. Ingat, sebaik-baiknya orang adalah jika kita bisa bermanfaat bagi orang lain. SIPPPP ^^
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Salam. 
profil admin:

Andik Ramadhani (23thn)

Job Carrer:

  • Customer service, volunter Di kantor penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah malang 
  • Marketing dan produk konsultan di De'tanjung souvenir dan undangan Malang
  • Operator, di PT. Dieng Natatransindo (dieng tour dan travel Malang)
  • General service, House Keeping, parking and security di Lippo Plasa Batu Management, Kota batu
  • Operatioal Management Trainee(OMT) sales di PT.Surya Madistrindo Malang (PT. Gudang Garam, Tbk Grup).

Now:
Second Owner di Nggaber mie djongor malang, @miedjongor on twitter.

CP:
hp: 081 333 472 542
pin bb: 53C2D838
twitter @andikramadhani
fb: Andik Ramadhani

No comments:

Post a Comment