Tuesday, 7 July 2015

Sebenarnya, apa kunci sukses strategi marketing pada bisnis? Ini dia.

Sebenarnya, apa kunci keberhasilan marketing untuk meningkatkan omzet penjualan pada bisnis?

Salah satunya adalah kenali TARGET MARKET produk atau jasa didalam bisnis anda.

Ya, inilah salah satu faktor keberhasilan marketing anda. Yaitu mengenal target market produk atau jasa yang anda jual. Bahkan, didalam teori apapun, buku marketing terbaikpun, strategi marketing terbaikpun juga menomersatukan strategi yang bernama target market.

Ini adalah hal sepele yang sering dilupakan oleh pelaku bisnis. Padahal, ini adalah hal yang sangat-sangat penting.
Mengapa anda harus mengenal target market bisnis anda?
1. Untuk memperkecil cost iklan.
2. Agar promosi anda tepat sasaran
3. Agar promosi yang anda lakukan menghasilkan cashflow atau transaksi penjualan.

Jika anda sudah mengetahui siapa target market produk anda. Anda tidak akan kesulitan menentukan  bagaimana anda melakukan promosi. Bahkan, anda juga tidak perlu mengeluarkan budget yg besar untuk promosi. Mengapa demikian, Karena anda akan tahu dimana anda akan memaksimalkan promosi. Sehingga biaya promosi anda kecil dan promosi yang anda lakukan dapat tepat sasaran, dan bisa menghasilkan cashflow atau penjualan.

Target market ibarat sasaran tembak seorang sniper. Seorang sniper, dia harus tahu siapa yang harus dia bidik atau dijadikan sasaran. Bayangkan saja jika seorang sniper tidak tahu target sasarannya. Dia akan menembak brutal semua musuh, tidak tepat sasaran dan akan menghabiskan banyak amunisi yang terbuang sia-sia. Sehingga banyak peluru yang terbuang sia sia dan tidak menghasilkan apapun.

Nah, oleh karena itu, sebelum menembak. Anda harus tahu siapa sasaran yang akan anda tembak. Begitu juga dalam bisnis. Ketika akan promosi, anda harus tahu siapa target yang akan anda tembak dengan promosi. Agar promosi yang anda lakukan tepat sasaran dan dapat menghasilkan penjualan.

Atau begini, misalnya anda menjual produk alat fitnes. Kemudian, anda menawarkan alat fitnes tersebut ke salon. Apakah salon tersebut akan membeli produk anda. 99% jelas nggak bakal beli. Pahamkan? Kalau anda menjual produk alat fitnes. Ya tawarkan ke gym. Betul? Atau tawarkan kepada orang yang hobi ngegym.


Nah, bagaimana cara menemukan target market didalam sebuah bisnis? Ini yang bisa anda lakukan:
1. Tentukan karakteristik calon pelanggan anda(umur, jenis kelamin, pekerjaan, status sosial(menengah keatas atau kebawah)
2. Siapa yang membutuhkan produk anda?
3. Dimana mereka berkumpul atau dimana mereka sering dijumpai?(media sosial, mall, cafe, pasar, dll)
4. Bagaimana mempromosikan produk anda kepada.mereka(media sosial, brosur, spanduk, banner)
5. Mengapa pelanggan harus beli dari anda, bukan dari kompetitor?
6. Apa manfaat yang didapat oleh pelanggan jika membeli produk atau jasa anda?

Nah, itulah cara yang bisa anda lakukan untuk menemukan siapa TARGET MARKET produk atau jasa didalam bisnis anda.

Contohnya:
Anda menjual produk cream penghilang jerawat. Tentukan spesifik calon pelanggan.
Laki-laki perempuan
Usia : 17-25 tahun
Pekerjaan: pelajar sma, mahasiswa, karyawan, karyawati kantor.
Status: menengah - menengah keatas.
Setelah anda mengetahui spesifik mereka. Baru anda bisa mencari dimana mereka ditemukan,
misal: mahasiswa dikampus.
kemudian .tentukan cara promosi yang efektif.
Misalnya: sebar brosur dikampus. Atau buka stan atau pameran di lokasi kampus.
Pelanggan harus membeli dari anda karena produk anda terbaik, tidak memakai zat kimia berbahaya, atau lainnya. Harga lebih terjangkau, banyak bonus dan dapat konsultasi gratis selama setahun.
Pahamkan?

Sekali lagi. Target market sangat-sangat penting. Seberapa bagus promosi anda, seberapa banyak gratisan yang anda berikan, ataupun seberapa besar diskon yang anda tawarkan. Kalau target market anda salah. Nggak akan terjadi yang namanya clossing atau penjualan.

Oleh karena itu, kalau ingin omzet penjualan anda semakin top. Temukan target market bisnis anda..

Sekian 
smile emoticon

Semoga bermanfaat.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
sekian, semoga bermanfaat. Saya yakin, banyak sekali kawan anda atau kerabat anda yang membuthkan sebuah pencerahan dalam kegiatan penjualan. Oleh karena itu, ada baiknya anda men SHARE blog ini di media sosial yang anda punya agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya. Ingat, sebaik-baiknya orang adalah jika orang tersebut bermanfaat bagi orang lain. SIPPPP ^^
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Salam. 
profil admin:

Andik Ramadhani (23thn)

Job Carrer:

  • Customer service, volunter Di kantor penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah malang 
  • Marketing dan produk konsultan di De'tanjung souvenir dan undangan Malang
  • Operator, di PT. Dieng Natatransindo (dieng tour dan travel Malang)
  • General service, House Keeping, parking and security di Lippo Plasa Batu Management, Kota batu
  • Operatioal Management Trainee(OMT) sales di PT.Surya Madistrindo Malang (PT. Gudang Garam, Tbk Grup).

Now:
Second Owner di Nggaber mie djongor malang, @miedjongor on twitter.

CP:
hp: 081 333 472 542
pin bb: 53C2D838
twitter @andikramadhani
fb: Andik Ramadhani

No comments:

Post a Comment